Selasa, 22 Desember 2015

Flow chart

Flow chart

dari Wikipedia, ensiklopedia gratis
Untuk kelompok musik, melihat Flowchart (band).
Sebuah flowchart sederhana yang mewakili suatu proses untuk berurusan dengan lampu tidak berfungsi.
 
Sebuah flowchart adalah jenis diagram yang merupakan algoritma, alur kerja atau proses, menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan pesanan mereka dengan menghubungkan mereka dengan panah. Diagram representasi ini menggambarkan model solusi untuk diberikan masalah. Diagram alur yang digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola sebuah proses atau program di berbagai bidang. [1]

Ikhtisar

Flowchart digunakan dalam merancang dan mendokumentasikan proses atau program yang sederhana. Seperti jenis diagram, mereka membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu memahami proses, dan mungkin juga menemukan kekurangan, kemacetan, dan fitur kurang jelas lain di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan masing-masing jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan. Dua jenis yang paling umum dari kotak di flowchart adalah:
  • langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
  • keputusan, biasanya dilambangkan sebagai berlian.
Sebuah flowchart digambarkan sebagai "lintas fungsional" saat halaman dibagi menjadi berbeda swimlanes menggambarkan kontrol dari unit organisasi yang berbeda. Sebuah simbol muncul dalam "jalur" khusus adalah dalam kendali unit organisasi. Teknik ini memungkinkan penulis untuk mencari tanggung jawab untuk melakukan tindakan atau membuat keputusan dengan benar, menunjukkan tanggung jawab masing-masing unit organisasi untuk bagian yang berbeda dari proses tunggal.
Flowchart menggambarkan aspek-aspek tertentu dari proses dan mereka biasanya dilengkapi dengan jenis lain dari diagram. Misalnya, Kaoru Ishikawa didefinisikan flowchart sebagai salah satu dari tujuh alat dasar kontrol kualitas, sebelah histogram, Pareto grafik, memeriksa lembar, peta kendali, sebab-akibat diagram, dan diagram pencar. Demikian pula, dalam UML, notasi konsep-pemodelan standar yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, diagram aktivitas, yang merupakan jenis flowchart, hanyalah salah satu dari banyak jenis diagram yang berbeda.
Diagram Nassi-Shneiderman dan Drakon-grafik adalah notasi alternatif untuk aliran proses.
Nama alternatif umum termasuk: flowchart, proses flowchart, diagram alur fungsional, proses peta, grafik proses, grafik proses fungsional, model proses bisnis, model proses, diagram alur proses, alur kerja diagram, diagram alir bisnis. Istilah "flowchart" dan "flow chart" digunakan secara bergantian.
Yang mendasari grafik struktur diagram alir adalah grafik aliran, yang abstrak pergi jenis node, isinya dan informasi tambahan lainnya.

Sejarah

Template untuk menggambar diagram alur (akhir 1970) menunjukkan simbol yang berbeda.
 
Metode terstruktur pertama untuk aliran proses dokumen, "aliran proses grafik", diperkenalkan oleh Frank Gilbreth kepada anggota American Society of Mechanical Engineers (ASME) pada tahun 1921 dalam presentasi "Proses Charts-Langkah Pertama di Menemukan Satu Best Way ". [2] alat Gilbreth dengan cepat menemukan cara mereka ke teknik industri kurikulum. Pada awal 1930-an, seorang insinyur industri, Allan H. Mogensen mulai melatih orang-orang bisnis dalam penggunaan beberapa alat-alat teknik industri di Konferensi Penyederhanaan Kerja di Lake Placid, New York.
Lulusan 1944 dari Mogensen kelas 's, Art Spinanger, mengambil alat kembali ke Procter and Gamble di mana dia mengembangkan Metode disengaja mereka Ganti Program. 1944 lulusan lain, Ben S. Graham, Direktur Teknik di Formcraft Standard Register Industri, disesuaikan bagan aliran proses pengolahan informasi dengan pengembangan tentang proses grafik multi-aliran untuk menampilkan beberapa dokumen dan hubungan mereka. [3] Pada tahun 1947, ASME mengadopsi seperangkat simbol yang berasal dari asli Gilbreth bekerja sebagai "ASME Standar:. Operasi dan Arus Proses Charts" [4]
 
Douglas Hartree pada tahun 1949 menjelaskan bahwa Herman Goldstine dan John von Neumann telah mengembangkan diagram alur (awalnya, diagram) untuk merencanakan program-program komputer. [5] akun kontemporer Nya didukung oleh insinyur IBM [6] dan oleh Goldstine ingatan pribadi. [7] The flowchart program asli dari Goldstine dan von Neumann dapat dilihat dalam laporan tidak diterbitkan mereka, "Perencanaan dan pengkodean masalah bagi alat komputasi elektronik, Bagian II, Volume 1" (1947), yang direproduksi dalam karya dikumpulkan von Neumann. [8]
Flowchart menjadi sarana populer untuk menggambarkan algoritma komputer. Popularitas flowchart menurun pada 1970-an ketika interaktif terminal komputer dan bahasa pemrograman generasi ketiga menjadi alat umum untuk pemrograman komputer. Algoritma dapat dinyatakan jauh lebih ringkas sebagai kode sumber dalam seperti bahasa. Sering pseudo-kode yang digunakan, yang menggunakan idiom umum bahasa tersebut tanpa ketat mengikuti rincian satu tertentu.
Saat ini flowchart masih digunakan untuk menggambarkan algoritma komputer. [9] teknik modern seperti UML diagram aktivitas dan Drakon-chart dapat dianggap ekstensi dari flowchart.

Jenis flowchart

Sterneckert (2003) mengemukakan bahwa diagram alur dapat dimodelkan dari perspektif kelompok pengguna yang berbeda (seperti manajer, analis sistem dan pegawai) dan bahwa ada empat jenis umum: [10]
  • Diagram alur dokumen, menunjukkan kontrol atas dokumen-aliran melalui sistem
  • Diagram alur data, menunjukkan kontrol atas data-aliran dalam suatu sistem
  • Diagram alur sistem, menunjukkan kontrol pada tingkat fisik atau sumber daya
  • Program flowchart, menunjukkan kontrol dalam sebuah program dalam sebuah sistem
Perhatikan bahwa setiap jenis flowchart memfokuskan pada beberapa jenis kontrol, bukan pada aliran tertentu itu sendiri. [10]
Namun, ada beberapa klasifikasi ini. Misalnya, Andrew Veronis (1978) bernama tiga jenis dasar flowchart:. Sistem flowchart, flowchart umum, dan flowchart rinci [11] Pada tahun yang sama Marilyn Bohl (1978) menyatakan "dalam praktek, dua jenis diagram alur yang digunakan dalam perencanaan solusi: flowchart sistem dan diagram alur program yang ... ". [12] Baru-baru ini Mark A. Fryman (2001) menyatakan bahwa ada perbedaan lebih:" diagram alur Keputusan, logika diagram alur, diagram alur sistem, diagram alur produk, dan diagram alur proses yang hanya beberapa dari berbagai jenis diagram alur yang digunakan dalam bisnis dan pemerintah ". [13]
Selain itu, banyak teknik diagram ada yang mirip dengan diagram alur tapi membawa nama yang berbeda, seperti UML diagram aktivitas.

Blok bangunan flowchart

Bentuk umum

Berikut ini adalah beberapa bentuk yang umum digunakan digunakan dalam diagram alur. Umumnya, diagram alur mengalir dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
Bentuk Nama Deskripsi
Flowchart Line.svg Jalur aliran Panah datang dari satu simbol dan berakhir pada simbol lain menyatakan bahwa kontrol lolos ke simbol panah menunjuk ke. Baris untuk panah dapat padat atau putus-putus. Arti dari panah dengan garis putus-putus mungkin berbeda dari satu ke yang lain flowchart dan dapat didefinisikan dalam legenda.
Flowchart Connector.svg On-Page Connector Umumnya direpresentasikan dengan lingkaran, yang menunjukkan di mana beberapa arus kendali berkumpul dalam aliran keluar tunggal. Ini akan memiliki lebih dari satu panah yang datang ke dalamnya, tapi hanya satu yang akan keluar. Dalam kasus sederhana, satu mungkin hanya memiliki titik panah untuk panah lain sebagai gantinya. Ini berguna untuk mewakili berulang proses (apa yang dalam Ilmu Komputer disebut lingkaran). Sebuah lingkaran mungkin, misalnya, terdiri dari konektor di mana kontrol pertama masuk, langkah-langkah pengolahan, bersyarat dengan satu panah keluar loop, dan satu akan kembali ke konektor. Untuk kejelasan tambahan, di mana pun dua baris sengaja menyeberang dalam gambar, salah satunya dapat ditarik dengan setengah lingkaran kecil dari yang lain, menunjukkan bahwa ada hubungan yang dimaksudkan.
Flowchart Annotation.svg Anotasi Penjelasan mewakili komentar atau komentar tentang flowchart. Seperti komentar ditemukan dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, mereka tidak berpengaruh pada interpretasi atau perilaku flowchart. Kadang-kadang, bentuk terdiri dari sebuah kotak dengan putus-putus (atau titik-titik) baris.
Flowchart Terminal.svg Terminal Direpresentasikan sebagai lingkaran, oval, stadion atau bulat (fillet) persegi panjang. Mereka biasanya mengandung kata "Start" atau "End", atau frase lain menandakan awal atau akhir dari sebuah proses, seperti "submit pertanyaan" atau "menerima produk".
Flowchart Decision.svg Keputusan Direpresentasikan sebagai berlian (belah ketupat) menunjukkan di mana keputusan diperlukan, umumnya Ya / Tidak ada pertanyaan atau Benar / Salah tes. Simbol bersyarat adalah aneh dalam hal ini memiliki dua anak panah yang keluar dari itu, biasanya dari titik bawah dan titik yang tepat, salah satu yang sesuai dengan Ya atau Benar, dan satu sesuai dengan ada atau Salah. (Panah harus selalu diberi label.) Lebih dari dua anak panah dapat digunakan, tetapi ini biasanya indikator yang jelas bahwa keputusan yang kompleks sedang diambil, dalam hal ini mungkin perlu dipecah-down lebih lanjut atau diganti dengan "yang telah ditetapkan Proses "simbol. Keputusan juga dapat membantu dalam penyaringan data.
Flowchart IO.svg Input output Direpresentasikan sebagai sebuah genjang. Melibatkan menerima data dan menampilkan data diproses. Hanya bisa bergerak dari input ke output dan bukan sebaliknya. Contoh: Dapatkan X dari pengguna; tampilan X.
Flowchart Predefined Process.svg Predefined Process Direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan tepi vertikal double-memukul; ini digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah pengolahan yang kompleks yang dapat rinci dalam flowchart terpisah. Contoh: PROSES-FILES. Satu subroutine mungkin memiliki beberapa titik masuk yang berbeda atau arus keluar (lihat coroutine). Jika demikian, ini akan ditampilkan sebagai label 'sumur' di persegi panjang, dan panah kontrol terhubung ke ini 'sumur'.
Flowchart Process.svg Proses Direpresentasikan sebagai persegi panjang. Bentuk ini digunakan untuk menunjukkan bahwa ada sesuatu yang dilakukan. Contoh: "Tambahkan 1 ke X", "mengganti bagian diidentifikasi", "menyimpan perubahan", dll ....
Flowchart Preparation.svg Persiapan Direpresentasikan sebagai sebuah segi enam. Juga dapat disebut inisialisasi. Menunjukkan operasi yang tidak berpengaruh selain mempersiapkan nilai untuk langkah bersyarat atau keputusan selanjutnya. Atau, bentuk ini digunakan untuk menggantikan Shape Keputusan dalam kasus perulangan kondisional.
Dari halaman connector.png Off-Page Connector Direpresentasikan sebagai sebuah home plate -berbentuk pentagon. Mirip dengan konektor pada halaman kecuali memungkinkan untuk menempatkan konektor yang menghubungkan ke halaman lain.

Bentuk lain

Sebuah flowchart khas dari buku teks ilmu komputer dasar yang lebih tua mungkin memiliki jenis berikut simbol:
Konektor berlabel
Diwakili oleh label identifikasi dalam lingkaran. Konektor berlabel digunakan dalam diagram kompleks atau multi-lembar untuk menggantikan panah. Untuk setiap label, yang "keluar" konektor harus selalu unik, tapi mungkin ada sejumlah "inflow" konektor. Dalam hal ini, sebuah persimpangan di aliran kontrol tersirat.
Simbol Concurrency
Diwakili oleh garis melintang ganda dengan sejumlah masuk dan keluar anak panah. Simbol-simbol ini digunakan setiap kali dua atau lebih aliran kontrol harus beroperasi secara bersamaan. Arus keluar diaktifkan secara bersamaan, ketika semua arus masuk telah mencapai simbol concurrency. Sebuah simbol concurrency dengan aliran masuk tunggal garpu; satu dengan aliran keluar tunggal adalah bergabung.

Ekstensi aliran data

Sejumlah simbol telah distandarkan untuk diagram aliran data untuk mewakili aliran data, bukan aliran kontrol. Simbol-simbol ini juga dapat digunakan dalam diagram alur kontrol (misalnya untuk menggantikan simbol genjang).
  • Sebuah Dokumen direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dasar bergelombang;
  • Sebuah Manual input diwakili oleh segiempat, dengan bagian atas tidak teratur miring naik dari kiri ke kanan. Sebuah contoh akan untuk menandakan entri data dari formulir;
  • Sebuah operasi manual diwakili oleh trapesium dengan sisi sejajar terpanjang di atas, untuk mewakili operasi atau penyesuaian untuk proses yang hanya dapat dilakukan secara manual.
  • Sebuah File data diwakili oleh silinder.

Software

Diagram

Setiap program menggambar dapat digunakan untuk membuat diagram alur, tetapi ini tidak akan memiliki model data yang mendasari untuk berbagi data dengan database atau program lain seperti manajemen proyek sistem atau spreadsheet. Beberapa alat menawarkan dukungan khusus untuk menggambar diagram alur. Banyak paket perangkat lunak ada yang dapat membuat diagram alur secara otomatis, baik secara langsung dari kode sumber bahasa pemrograman, atau dari bahasa deskripsi diagram alur. On-line versi berbasis web dari program tersebut tersedia.
Flowgorithm
Ada beberapa aplikasi yang menggunakan diagram alur untuk mewakili dan menjalankan program. Umumnya ini digunakan sebagai alat pengajaran untuk siswa pemula.
Ini termasuk:
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar